Jumat, 14 Desember 2012

Tips Aman Anak belajar Menggunting

Jika anak dilarang melakukan sesuatu, biasanya menumbuhkan rasa penasaran dan keingintahuan yang besar. Bahkan, mereka akan mencoba melakukannya tanpa sepengetahuan orang lain. Daripada itu terjadi, lebih baik ajari anak menggunakan gunting dengan cara yang benar. Namun mengingat bahaya yang bisa ditimbulkan dari penggunaan benda tajam seperti gunting, pisau, cutter, maka berikan penjelasan juga
mengenai resiko yang bisa terjadi jika gunting digunakan dengan cara yang tidak benar:
·         Berikan sesuai dengan usia. Menurut Tara Colder OTR/L dalam Developong Coordination for Scissors Skills, perkembangan kemampuan menggunting dimulai dari usia 1,5 tahun. Untuk tahap awal, berikan gunting plastik yang tidak tajam, namun bisa memotong kertas. Namun seiring dengan usia, gunting plastik menjadi tidak menarik karena kurang menantang. Berikan gunting tajam yang ujungnya tumpul dan tetap berikan pengawasan saat memakainya.
·         Ajarkan cara memegang gunting yang benar. Tunjukkan jari apa saja yang bekerja dan bagaimana cara menggerakkan gunting supaya bisa memotong yang benar. Dasar pengetahuan ini sangat penting untuk menghindari kecelakaan saat menggunakannya.
·         Berikan teknik menggunting dari yang paling dasar. Mulailah dari menggunting garis lurus, kemudian meningkat dengan garis lengkung dan mengikuti alur serta bentuk gambar.
·         Ajarkan sikap yang benar saat memegang gunting. Mintalah si kecil untuk selalu duduk saat menggunting, mematikan televisi supaya tidak mengganggu konsentrasi pandangan mata, dan tidak berlarian membawa gunting sambil mengacung-acungkan pada orang lain.
·         Sampaikan bahwa dia hanya diijinkan menggunting kertas, bukan uang, rambut, taplak maupun sprei. Letakkan kertas-kertas yang boleh digunting di tempat yang mudah dia jangkau.
·         Tunjukkan resikonya. Selain mengetahui tentang fungsi dan manfaat gunting, anak juga perlu mengetahui resiko atau bahaya yang bisa ditimbulkan jika gunting digunakan tidak sebagaimana mestinya. Tunjukkan secara konkret ketajaman gunting yang bisa memotong kertas, tali, maupun rambut. “Hati-hatilah saat menggunakan gunting, jika sembarangn memakai, ketajamannya bisa melukai kulit kita!”
·         Berikan supervisi. Apapun jenis gunting yang dipegang, orangtua harus tetap mengawasi karena membiarkan anak kecil “bersenjata” adalah kondisi yang tidak aman. Dia bisa membahayakan orang lain maupun dirinya sendiri.
·         Berikan pujian pada setiap kemajuan yang dialami anak. Meskipun hasil guntingan anak belum rapih, berikan pujian sebagai penghargaan atas usahanya. Dorong dan berilah motivasi bila anak masih mengalami kesulitan.
·         Simpanlah gunting maupun benda tajam yang lain di tempat yang aman supaya tidak mudah dijangkau anak-anak tanpa sepengetahuan kita.

Mengingat banyaknya manfaat yang akan diperoleh, latihlah si kecil menggunakan gunting sejak dini untuk meningkatkan ketrampilan motorik halus dan juga kemampuan intelektualitasnya. Jangan tunda-tunda atau anak Anda akan terhambat perkembangannya.

sumber bacaan

Robertson, Cathie.2003.safety, nutrion and health in early chilhood. Kanada

Eliza, Delvi. 2000. Penuntun kesehatan dan gizi untuk nak Tk. Padang. Unp

1 komentar:

  1. If you're trying to lose pounds then you certainly have to start following this totally brand new custom keto plan.

    To create this service, certified nutritionists, personal trainers, and top chefs have united to develop keto meal plans that are useful, convenient, price-efficient, and enjoyable.

    Since their grand opening in January 2019, 100's of individuals have already transformed their body and health with the benefits a certified keto plan can give.

    Speaking of benefits: in this link, you'll discover eight scientifically-proven ones provided by the keto plan.

    BalasHapus